Perjalanan hidup seseorang mungkin dapat direncanakan, akan tetapi dalam menjalankan rencana tersebut seseorang dihadapkan berbagai pilihan dan terkadang pilihan itu tidak sesuai dengan yang telah direncanakan. Setiap orang boleh berencana, di atas segalanya kehendak Tuhan lah yang lebih berkuasa.

Keindahan Taman Laut Bunaken

Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir. Konon kawasan termbu karang dan alam bawah lautnya yang terindah di dunia. Keindahan Bunaken sudah dapat dilihat dari atas. Ketika melihat ke dasar laut dari atas perahu yang saya tumpangi sangat indah. Menurut awak kapal ini merupakan  karang besar di bawah satu pulau, jadi seolah pulau Bunaken didasari oleh karang (pulau karang), ketika sampai di spot penyelaman bisa dilihat  perbedaan kedalaman air laut, seolah ketika surut terumbu karang menjadi daratan, dan setelah terumbu karang tersebut laut langsung dalam dan arusnya deras.

Pada bagian Utara terdiri dari pulau Bunaken, pulau Manado Tua, pulau Montehage, pulau Siladen, pulau Nain, pulau Nain Kecil, dan sebagian wilayah pesisir Tanjung Pisok. Sedangkan pada bagian Selatan meliputi sebagian pesisir Tanjung Kelapa. Potensi daratan pulau-pulau taman nasional ini kaya dengan jenis palem, sagu, woka, silar dan kelapa, selain itu masih banyak tumbuhan lainnya.

Jenis satwa yang ada di daratan dan pesisir antara lain kera hitam Sulawesi (Macaca nigra nigra), rusa (Cervus timorensis russa), dan kuskus (Ailurops ursinus ursinus). Jenis tumbuhan di hutan bakau Taman Nasional Bunaken yaitu Rhizophora sp., Sonneratia sp., Lumnitzera sp., dan Bruguiera sp. Hutan ini kaya dengan berbagai jenis kepiting, udang, moluska dan berbagai jenis burung laut seperti camar, bangau, dara laut, dan cangak laut.



Bunaken memiliki keragaman kehidupan bawah laut yang sangat beragam, karena daerah taman laut Bunaken terletak di segitiga terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia, Malaysia, phillipine, Papuanugini, Timur Lesta, dan Kepulauan Solomon. Anda bisa melihat 70% dari jenis ikan di dunia di dalam taman laut Bunaken, dan angka ini tidak termasuk ikan-ikan laut dalam.

Jika anda beruntung anda dapat melihat whale shark, mola-mola, manta ray, dugong dan nautilus di sekitar laut bunaken. Jika anda tidak begitu beruntung, anda masih dapat melihat terumbu karang yang indah dan banyak sekali mahluk-mahluk kecil yang sangat berwarna-warni.

Keberagaman kehidupan di taman laut Bunaken di karenakan taman laut ini merupakan tempat dimana plankton, yang hidup di 300 meter di bawah permukaan laut, naik ke permukaan air sehingga dapat menunjang kehidupan dengan menjadi makanan bagi ikan-ikan kecil. Ditambah dengan bantuan penduduk lokal yang menjaga keindahan taman laut ini, maka taman laut ini menjadi tempat yang aman untuk ikan-ikan sehingga mereka dapat berkembang biak dengan aman.
Share on Google Plus

About Saifudien Djazuli

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment